Selasa, 12 Agustus 2014

Semangka Untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat

semangka untuk mengatasi asam urat
Asam urat adalah kondisi peradangan yang menyakitkan yang mempengaruhi persendian kecil, terutama jempol kaki. Asam urat disebut "penyakit orang kaya" karena biasanya terkena pada individu yang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman mahal, seperti steak, jamur dan red wine. Pencegahan logis untuk asam urat adalah untuk mengurangi atau menghindari sama sekali jenis makanan tersebut dari pola makan Anda dan sebaiknya memilih makanan yang baik untuk penderita asam urat.

Jika Anda sedang menderita asam urat akut maka Anda dapat mencoba mengkonsumsi semangka untuk mengatasi penyakit asam urat. Semangka adalah buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, yang merupakan faktor penting dalam melarutkan kristal tajam asam urat yang menyebabkan rasa sakit.

Nutrisi di Dalam Semangka
Semangka dianggap salah satu buah yang paling mampu menetralisir keasaman dalam aliran darah dan jaringan lain, seperti dikutip dalam "Biochemistry of Human Nutrition." Semangka merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C dan kalium, dan juga mengandung banyak vitamin B, zat besi, kalsium, magnesium dan fosfor. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dengan sifat anti-inflamasi yang diperlukan untuk memperbaiki jaringan ikat yang rusak, seperti ligamen dan tulang rawan. Selanjutnya, semangka kaya akan antioksidan golongan karotenoid, yakni lycopene, beta-karoten, lutein dan neurosporene. Antioksidan jenis ini akan menghilangkan radikal bebas dan mengurangi potensi kerusakan pada jaringan Anda. Dalam hal komposisi, setidaknya 65 persen dari semangka mengandung air.

Membersihkan Asam Urat
Strategi umum dalam berurusan dengan asam urat adalah dengan minum banyak air, setidaknya sepuluh gelas setiap hari, yang membantu untuk membersihkan asam urat dari sendi dan darah sehingga dapat dikeluarkan. Semangka berisi sebagian besar air dan sangat berguna dalam hal ini, terutama jika Anda tidak minum air dalam jumlah cukup. Semangka juga membersihkan asam urat untuk dikeluarkan dari ginjal, hal ini penting karena asam urat yang berlebihan akan membentuk batu ginjal.

Menetralisir Asam Urat
Semangka adalah makanan yang dapat meningkatkan pH cairan dan jaringan dalam tubuh Anda dan membantu untuk mencegah asam urat, menurut "Human Biochemistry and Disease." Semangka juga mengandung vitamin C, kalium dan kalsium, yang memiliki sifat untuk menetralkan asam urat.

Banyak nutrisi dalam semangka berperan dalam penyembuhan jaringan yang rusak akibat kristal asam urat yang tajam. Vitamin C, khususnya, diperlukan untuk membuat kolagen, yang merupakan komponen utama dari tulang rawan di dalam sendi dan ligamen serta tendon di sekitar mereka. Kalsium dan magnesium di dalam semangka juga berguna dalam penyembuhan tulang yang telah terpengaruh oleh keasaman asam urat.

Nah jadi tidak ada salahnya kan mencoba untuk mengkonsumsi obat asam urat alami ini, karena selain harganya yang murah dan mudah di dapat, buah semangka memiliki rasa yang sangat menyegarkan.

Sumber: http://www.livestrong.com/article/472181-is-watermelon-good-for-gout/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar